Sabtu, 25 April 2015

KONGSI DAGANG BANGSA BARAT DI INDONESIA


PORTUGIS
Kongsi dagang milik Portugis ini bernama Portugis East India Company atau dalam bahasa Portugis Companhida Commercio da India atau Companhida Oriantale.  Kongsi dagang ini merupakan usaha berumur pendek oleh Philip III, Raja Uni Iberia dalam menciptakan perusahaan charter nasional atau unutk menjaga kepentingan di IndiaPortugis dalam menghadapi perambahan oleh Inggris dan Belanda.


PERANCIS
Kongsi dagang milik Perancis bernama Compagnie des indies dibentuk oleh ibentuk oleh Raja Louis XV, yang memiliki mayoritas saham dan menjadi investor utama dalam pembentukan kongsi dagang ini.


INGGRIS
Kongsi dagang milik Inggris  biasa disebut EIC (East India Company) atau biasa disebut John Company. Yang merupakan perusahaan saham gabungan dari para investor yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth 1 apada tanggal 31 Desember 1600. Tujuan didirikan ini adalah untuk menolong hak perdagangan di India.

BELANDA

Kongsi dagang Belanda bernama Verenigde Oostindische Compagnie  atau biasa disingkat  VOC . Kongsi dagang ini didirika pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan perusahaan multinasional pertaman sekaligus perusahaan pertama yang mengggunkan sistem pembagian saham.
Sumber : http://jendelajendelailmu.blogspot.com/2015/04/kongsi-dagang.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates