Rabu, 19 Agustus 2015

SULTAN HAMID II


Beliau adalah putra sulung Sultan Pontianak Sultan Syarif Muhammad Alkadrie. Setelah ayahnya meninggal ketika agresi Jepang, otomatis Sultan Hamid II menjadi Sultan Pontianak.

Sultan Hamid II adalah menteri di Republik Indonesia Serikat (RIS). Banyak yang menilai bahwa ia tidak puas dengan jabatan yang diberikan Soekarno yang merupakan Menteri tanpa potofolio. Padahal Beliau ingin menjadi Menteri Pertahanan RI.

Lalu beliau ditawari oleh Westerling untuk bergabung dengan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang anggotanya berasal dari KNIL. APRA yang dipimpin oleh Wasterling ini memulai aksinya dengan menyerang Bandung dan membunuh pasukan Siliwangi. Tapi aksi APRA kali ini tidak berlangsung lama.

Kemudian APRA merencanakan melakukan kudeta di Jakarta tapi tidak jadi karena  pasokan senjata tidak kunjung datang. Kemudian Westerling dan Sultan Hamid II berencana untuk menyerang sidang kabinet di jalan Pejambon dan target utama adalah Sultan Hamengkubuwono IX, Ali Sudiarjo dan TB Simatupang.

Tapi lagi-lagi rencana mereka gagal karena sidang tersebut sudah selesai ketika mereka datang. Setelah itu Westerling melarikan diri dan Sultan Hamid II ditangkap di Hotel Des Indes dan diadili pada tahun 1953 dengan hukuman 10 tahun penjara.

 Dibalik semua itu Sultan Hamid II berjasa besar untuk Indonesia yaitu beliau telah membuat lambang garuda Indonesia.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sultan_Hamid_II

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates