Rabu, 19 Agustus 2015

Nama Pahlawan Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri

MOHAMMED HATTA STRAAT – HARLEEM, BELANDA
Jalan ini diabadikan oleh Walikota RH Claudius di Harleem Belanda karena M. Hatta pernah menimba ilmu di negeri kincir angin ini.
SJAHRIR STRAAT – LEIDEN, BELANDA

Beliau adalah Perdana Menteri Indonesia yang aktif bidang politik di Leiden dan Beliau pernah belajar Leiden School of Indology.

RUE SOEKARNO – RABAT, MAROKO

Jalan yang bernama asli Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno yang kini lebih dikenal dengan jalan Rue Soekarno ini diresmikan tanggal 2 Mei 1960 oleh Ir. Soekarno sendiri. Jalan ini merupakan bentuk penghargaan oleh Raja Muhammad V atas jasa beliau untuk Maroko.

AHMED SOKARNO ST – MESIR

Nama ini diberikan oleh Gammal Abdul Nasser pada tahun 1955  karen Ir. Soekarno telah mencetuskan Konferensi Asia Afrika.

MUNIR STRAAT – DEN HAAG, BELANDA
Pemeberian nama jalan ini karena semangat dan jasa Munir memperjuangkan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Beliau meninggal ketika berada di pesawat menuju den haag karena racun arsenik.

R A KARTINISTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Tidak hanya di kawasan Amsterdam Zuidoost, tapi jalan R A Kartini straat juga ditemukan di Harleem dan Utrech..

IRAWAN SOEJONOSTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Beliau bukanlah seorang pahlawan nasional ataupun pemimpin Indonesia tapi Beliau merupkan anak dari Raden Ario Adipati Soejono (Menteri Pertama Indonesia) yang terbunuh oleh pasukan SS Nazi Jerman..


Sumber :
http://www.liveberita.com/2015/03/pahlawan-indo-nama-jl-luar-negeri.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates